JA University - шаблон joomla Продвижение

IAI NURUL JADID

Sejarah Singkat Institut Agama Islam Nurul Jadid

Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo didirikan oleh Yayasan Nurul Jadid Paiton dengan Akte Notaris Untung Darnosoewirdjo No. 64 tertanggal 27 Januari 1985 dan diperbarui lagi dengan Akte Notaris Ahmad Fauzi, SH No. 08 tertanggal 14 Desember 2007. Kemudian diperkuat lagi dengan SK Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-4855.AH.01.02.Tahun 2008.

Dalam perjalanannya selama 42 tahun, Institut Agama Islam Nurul Jadid sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berada di Pondok Pesantren Nurul Jadid, telah banyak mengalami perkembangan khususnya dalam pengembangan institusionalnya; di mana pada saat awal berdirinya tahun 1969, sebagai cikal bakalnya berupa Akademi Dakwah dan Ilmu Pendidikan (ADIP) yang kemudian pada tahun 1972 berubah menjadi Perguruan Tinggi Ilmu Dakwah (PTID) dengan program studi Sarjana Muda, kemudian setelah berdiri  Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) didirikan tanggal 9 Desember 1982, dan  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) didirikan tanggal 21 Juli 1986. Maka pada tahun 1988 lahirlah Institut Agama Islam Nurul Jadid dengan tiga Fakultas; Dakwah (Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Agama), Syari’ah (Jurusan Peradilan Agama/Qodlo’) dan Tarbiyah (Jurusan Pendidikan Agama Islam) dengan program Sarjana (S.1).

Sejak tahun 1994 hingga sekarang, Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo telah memiliki 3 fakultas dan 1 program magister dengan program studi sebagai berikut:

  • Fakultas Dakwah dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT).
  • Fakultas Syariah dengan Program Studi Ahwal al-Syakhsiyyah (AS) dan Ekonomi Syariah (ES)
  • Fakultas Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program studi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi  Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), Program Studi  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Program Studi  Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  • Program Magister dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

- Data Dosen 

- Data Mahasiswa