JA University - шаблон joomla Продвижение

IAI NURUL JADID

Senin, 22 Mei 2017 18:21

Fakultas Tarbiyah IAINJ adakan pelatihan pendidikan karakter untuk guru se Probolinggo.

Suasana Pelatihan Pengelolaan Kelas Suasana Pelatihan Pengelolaan Kelas

IAI NURUL JADID - Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nurul Jadid, melalui program Tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi guru tingkat MTs/SMP di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang bertema “Pengelolaan Kelas Aktif berbasis Karakter” tersebut melibatkan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya sebagai mitra dan didanai oleh Yayasan dana sosial alfalah (YDSF) Surabaya.

Menurut Dr. H. Akmal Mudiri, M. Pd, selaku ketua Panitia, pendidikan dan pelatihan ini merupakan awal kerjasama fakultas tarbiyah dengan KPI dalam rangka peningkatan mutu di lingkungan Fakultas Tarbiyah dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Kedua, kegiatan ini merupakan bentuk upgrading bagi guru-guru yang ada di Kabupaten Probolinggo, baik di lingkungan Kementrian Agama maupun kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Drs. H. Taufik, M. Pd.I dalam sambutannya juga menuturkan bahwa, sudah saatnya guru melakukan kegiatan upgrading agar supaya suasana pembelajaran di kelas tidak monoton, yang berimplikasi pada tidak rencahnya minat dan motivasi belajar siswa. “Guru harus memiliki strategi jitu agar supaya iklim pembelajaran di kelas menjadi kondusif, menyenangkan dan terarah pada pencapaian tujuan pembejaran”, ungkap Kasi Pendma Kab Probolinggo tersebut.

Begitu juga menurut Drs. H. Hambali, M. Pd. selaku Warek 1 IAI Nurul Jadid, guru sudah sewajarnya melakukan kegiatan pengelolaan kelas. Dalam kegiatan ini, peserta akan mendapatkan tambahan metode baru dalam mengelola kelas, yaitu berbasis karakter, di mana karakter inilah yang pada hakikatnya menjadi core dalam pembelajaran

“Pada realitanya pendidikan karakter banyak dilupakan bahkan ditinggalkan oleh guru. Inilah yang menjadi ke”unik”an pada kegiatan ini”, ujar Warek 1.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Wakil Rektor 1 IAINJ Drs. H. Hambali, M. Pd.I, Dekan Fakultas Tarbiyah IAINJ, Dr. H. Hasan Baharun, M. Pd, Kasi Pendma Kementrian Agama Kabupaten Probolinggo, Drs. H. Taufik, M. Pd.I.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Program Pasca Sarjana IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 22 s/d 24 Mei 2017.(ksf)

Read 292 times