JA University - шаблон joomla Продвижение

IAI NURUL JADID

Sabtu, 01 Oktober 2016 16:53

KKN Ciptakan Air Minum Kesehatan AQUARAS

IAI Nurul Jadid - Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAI Nurul Jadid 2016 sudah selesai bulan September kemarin. Akan tetapi, beberapa program KKN terus berjalan dan dinikmati oleh masyarakat sekitar hingga saat ini.

Seperti yang dirasakan masyarakat desa Paras kecamatan Tegalsiwalan Probolinggo. Salah satu program unggulan KKN IAINJ di desa tersebut adalah pemanfaatkan sumber mata air menjadi air mineral siap minum yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat desa Paras maupun desa yang lain. Disamping itu, air mineral tersebut juga diolah menjadi air mineral kemasan siap jual dengan nama AQUARAS.

Ady Azhari, Koordinator Desa (Kordes.red) Posko Paras, menuturkan bahwa ide AQUARAS muncul berdasarkan temuan saat observasi lingkungan bersama Masyarakat di dusun Krajan Desa Paras Kabupaten Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo.

Taufik Sugiono, kepala desa Paras merasa sangat senang dengan program AQUARAS tersebut. Sebab, masyarakat Paras menurut Sugiono kebanyakan kurang antusias terhadap keberadaan potensi sumber daya alam yang ada di desanya. Salah satunya air. Padahal, dari air tersebut banyak manfaat yang bisa didapat.

"selain air juga merupakan kebutuhan sehari-hari, air tersebut juga bisa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.” Tutur Sugiono.

Saat ditanya tentang hak paten dan ijin operasional, Sugiono menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sudah melibatkan Bapak Ramani dari CV. SANDI PUTRA Tulungagung, sekaligus menjadi konsultan.

"sekarang tinggal proses ijin operasional, dan semoga bisa segera terealisasi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat paras pada khususnya, dan masyarakat kabupaten Probolinggo pada umumnya," papar Sugiono.(edi)

Read 631 times